Tips Mendukung Aktivitas Belajar Coding untuk Anak agar Optimal

Diperbarui: 22 Feb


Penyaluran bakat anak bisa berjalan baik jika ada peran dari orang tua yang memberi dukungan optimal. Apabila anak memiliki ketertarikan pada dunia teknologi, tak ada salahnya menyediakan fasilitas belajar coding untuk anak. Kali ini akan dibahas seperti apa saja tips yang bisa dilakukan orang tua demi mendukung anak belajar coding sejak dini.


1. Dengarkan Keinginan Anak

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengarkan keinginan anak. Belajar coding akan jadi lebih mudah jika anak yang menginginkannya. Cobalah untuk berkomunikasi dengan anak dan tanyakan ketertarikannya mengenai dunia teknologi khususnya bidang coding.


Jika memang orang tua ingin mengarahkan anak untuk belajar coding, maka coba mulai dengan topik-topik yang ringan terlebih dahulu. Bicarakan kepada anak apa itu coding dan apa saja hal-hal seru yang akan dipelajari dari bidang ini. Penjelasan mengenai coding sebaiknya dilakukan secara lugas dan menyenangkan. Setelah itu, lihat apakah anak memang tertarik atau tidak.


2. Masukkan ke Lembaga Les

Selanjutnya masukkan anak ke lembaga les coding yang memang terpercaya. Jika memang anak sudah mendapatkan arahan yang tepat dan merasa senang dengan dunia coding, maka tak perlu menunda lagi untuk memasukkannya ke lembaga les. Di sana anak pasti akan mendapatkan bekal ilmu yang lebih lengkap untuk menguasai coding.


Bersama lembaga yang tepat, anak bisa lebih mudah mendapatkan sumber ilmu coding yang memadai. Selain itu anak juga dapat menyalurkan bakatnya lebih optimal karena ada wadah yang memfasilitasinya. Belajar coding saat ini sudah semakin mudah dilakukan bahkan orang tua bisa langsung mengawasi karena aktivitas belajar diselenggarakan secara online.


3. Sediakan Perangkat yang Memadai

Orang tua juga bisa menyediakan fasilitas perangkat yang memadai demi menunjang kelancaran belajar coding untuk anak. Sediakan perangkat komputer atau laptop yang bisa memfasilitasi anak belajar. Sediakan pula fasilitas internet yang memadai agar anak bisa mengikuti bimbingan belajar coding online dengan lancar.


Jika anak mendapatkan fasilitas perangkat yang lengkap tentu saja akan semakin mudah baginya untuk belajar. Agar anak bisa lebih fokus belajar coding, orang tua juga bisa menyediakan ruangan khusus yang tenang dan mendukung. Penyediaan fasilitas ini bisa menjadi cara terbaik bagi orang tua dalam mendukung anak menguasai coding.


4. Ajak Anak Berdiskusi

Jika anak mulai belajar coding, alangkah baiknya jika orang tua juga turut mencari tahu soal coding. Tak perlu ikut menjadi ahli coding, orang tua bisa mulai dengan mempelajari hal-hal simpel dan mendasar soal coding. Nantinya orang tua bisa mengajak anak untuk berdiskusi mengenai coding serta pengalaman anak dalam mempelajari bidang tersebut.


Salah satu cara mendukung anak untuk belajar adalah dengan meluangkan waktu berdiskusi dengannya. Ajak anak bercerita apa yang dipelajari. Tanyakan apakah anak menikmati belajar coding dan seperti apa pengalaman yang didapatkan dari mendalami coding.


5. Berikan Game Coding yang Mendukung

Dukungan orang tua juga bisa ditunjukkan dengan cara memberi game coding yang mendukung bagi anak. Ajak anak bermain game yang sesuai dengan aktivitas belajar coding. Belajar coding lewat game akan terasa sangat menyenangkan dan membuat anak lebih bersemangat.


Orang tua dapat memberikan dukungan optimal kepada anak yang berminat belajar coding dengan berbagai cara. Belajar coding untuk anak dapat memberikan banyak manfaat. Itulah mengapa orang tua sebaiknya mendukung penuh anak agar bisa menguasai coding secara optimal.


0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua