Pahami 5 Kriteria Sekolah Coding Untuk Anak yang Berkualitas

Diperbarui: 22 Feb


Setiap orang tua tentu ingin memberikan fasilitas pendidikan terbaik untuk sang anak, termasuk yang berkaitan langsung dengan teknologi. Misalnya memilih sekolah coding untuk anak yang akan mendorong perkembangan keterampilan. Terlebih, lulusan coding atau orang-orang yang ahli di bidang teknologi lebih berpeluang besar untuk diterima di tempat kerja.


Sebagaimana yang diketahui, saat ini ada banyak instansi yang menawarkan kursus maupun sekolah coding untuk pemula. Menentukan sekolah bisa menjadi pilihan tersulit bagi orang tua, mengingat sekolah akan menjadi tempat belajar anak dalam waktu yang lama. Sehingga berbagai fasilitas di dalamnya perlu diperhatikan lebih dulu. Agar tidak kesulitan, orang tua bisa memilih sekolah coding berdasarkan kriteria berikut ini:


1. Menyediakan Pembelajaran Untuk Pemula

Bila muncul keraguan, orang tua sebagai wali bisa mendatangi sekolah yang diinginkan untuk bertanya langsung mengenai fasilitas pendidikan. Hal yang terpenting adalah menanyakan sistem pembelajaran yang akan diterapkan. Akan lebih baik bila sekolah juga memfasilitasi belajar bagi anak-anak yang mengawali belajar coding.


Seperti yang dipahami, coding untuk anak membutuhkan kemampuan menggunakan logika yang baik. Bagi pemula, belajar coding bisa jadi sangat menyusahkan dan sulit dimengerti. Akan tetapi, pada sekolah coding tertentu para siswa akan memperoleh pembelajaran coding paling dasar hingga bahasa pemrograman yang lebih kompleks.


2. Memfasilitasi Konsultasi Untuk Siswa

Bukan hanya bertujuan untuk memperoleh materi yang luas, tetapi sekolah juga harus menyediakan kelas konsultasi. Tujuannya adalah untuk memberikan kebebasan bagi anak-anak dalam menanyakan materi yang sulit untuk dipahami. Aktivitas ini juga bisa menjadi sarana penyegaran bagi siswa setelah mendapat materi dan tugas yang menguras pikiran.


Sehingga, orang tua perlu mencari informasi lebih rinci mengenai layanan yang tersedia pada sekolah coding tersebut. Perlu ditanamkan bahwa target utama pembelajaran bukan hanya sekedar nilai. Akan tetapi, anak atau siswa menguasai dan bisa menerapkan pengetahuan yang dimiliki tentang coding untuk diterapkan di kemudian hari saat dibutuhkan.


3. Mempunyai Materi yang Up to Date

Sebagaimana teknologi yang terus berkembang, bahasa pemrograman atau coding juga akan terus mengalami perluasan. Orang tua juga bisa menelusuri apakah materi yang diberikan sudah sesuai dengan industri saat ini. Dengan memberikan materi yang up to date, diharapkan anak-anak mampu menyesuaikan pemahaman yang dimiliki dengan teknologi yang berkembang saat ini.


4. Mempunyai Instruktur Profesional

Belajar bahasa pemrograman akan lebih cepat dikuasai saat anak lebih rajin melakukan praktek. Bila meninjau dari pernyataan tersebut, maka anak memerlukan instruktur yang profesional dan aktif dalam membimbing praktek untuk pembelajaran coding. Saat ini ada banyak lulusan IT, tetapi tingkat keahlian seseorang pada dasarnya tidak hanya dilihat dari segi akademis.


Instruktur yang sudah ahli dan memiliki pengalaman luas di lapangan tentu dapat memberikan pengajaran yang lebih baik. Sebab, pengetahuan juga bisa diperoleh dari pengalaman nyata. Sehingga, anak akan lebih banyak mendapat gambaran tentang coding dengan berdiskusi bersama sang guru. Instruktur yang ahli tentunya akan memiliki cara tersendiri untuk menyampaikan materi pada siswa.


5. Memiliki Sistem Penilaian yang Transparan

Selama masuk dalam sekolah coding untuk anak, orang tua juga memerlukan hasil penilaian belajar yang dilaporkan secara berkala. Sistem penilaian yang transparan akan merangkum hasil belajar coding yang telah dilaksanakan. Sehingga, orang tua bisa memantau sejauh mana perkembangan keterampilan anak selama mempelajari bahasa pemrograman.


Itulah pembahasan tentang kriteria dalam menentukan sekolah coding untuk anak sebagai acuan. Selain aspek di atas, orang tua juga bisa melihat kualitas lulusan yang dihasilkan dari sekolah coding tersebut. Pertimbangkan pula biaya pendidikan anak yang harus dikeluarkan selama belajar coding. Dengan demikian, orang tua dapat memilihkan sekolah coding yang tepat.


0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua