Metode Belajar Coding untuk Anak yang Seru dan Efektif Diterapkan


Mempelajari ilmu coding bisa memberi beragam manfaat bagi anak. Ilmu ini akan menumbuhkan kemampuan berpikir yang logis dan memberi bekal soft skill yang bagus bagi anak. Dibutuhkan metode yang tepat agar aktivitas belajar coding untuk anak ini bisa berjalan lancar. Berikut ini adalah beberapa pilihan metode belajar yang bisa diterapkan agar anak lebih cepat menguasai coding:


1. Buat Mind Mapping

Sebelum mulai belajar coding, tentu anak harus mengenal dulu teori pengantar materi coding. Anak harus memahami pengertian coding dan hal-hal dasar lainnya yang memang penting dijadikan modal dalam menguasai bidang ini. Agar lebih mudah menguasai dasar-dasar ilmu tersebut maka dapat digunakan mind mapping.


Mind mapping merupakan sarana berpikir kreatif yang akan mempermudah otak anak dalam memahami sesuatu. Penjelasan disajikan dalam bentuk gambar yang menarik dan ringkas. Dengan melihat gambar tersebut, anak bisa langsung paham isi dari informasi yang akan disampaikan. Penggunaan sistem mind mapping ini juga akan mempermudah anak dalam mengingat.


2. Terapkan Penjelasan dengan Analogi

Agar penjelasan mengenai dasar-dasar coding bisa masuk ke otak anak, cobalah untuk menggunakan analogi. Sebenarnya anak-anak memiliki kemampuan untuk memahami coding secara cepat, bahkan lebih cepat dari orang dewasa. Namun pada saat awal mulai mengenal coding, anak-anak butuh cara pengenalan yang mudah dimengerti.


Selain menggunakan mind mapping, pemakaian analogi juga bisa jadi sebuah pilihan tepat. Anak mungkin akan kesulitan jika harus memahami istilah-istilah maupun penjelasan berat tentang ilmu komputer. Namun hal tersebut bisa jadi lebih mudah jika anak memahaminya lewat sebuah penjelasan analogi. Tentunya analogi yang digunakan harus sederhana dan akrab dengan dunia anak-anak.


3. Gunakan Game

Cara paling seru belajar coding untuk anak adalah dengan menggunakan sarana game. Ada banyak pilihan game yang bisa mengasah logika anak dan memang didesain mempermudah anak memahami coding. Tentunya belajar coding lewat game ini akan menjadi sebuah cara yang efektif dan menyenangkan bagi anak.


Contoh game yang memang didesain untuk belajar coding adalah Tynker, Code Kingdom: Treasure, CodeSpark Academy: Kids Coding, dan lain sebagainya. Guru yang mengajari anak menguasai coding juga biasanya akan memberikan beberapa pilihan game. Belajar coding lewat game akan mempermudah otak anak untuk terampil di bidang ini.


4. Berikan Tontonan Video

Anak juga cenderung lebih suka menonton visual baik gambar maupun video. Cobalah untuk mengajak anak menguasai coding lewat video-video edukasi. Belajar ilmu coding memang umumnya akan dijalankan secara online. Tak heran jika media yang digunakan untuk belajar lebih sering berupa video edukasi. Lewat penjelasan dan pemaparan dalam video, anak akan lebih mudah menangkap serta mengingat ilmu yang diberikan.


5. Berikan Sesi Terjun ke Lapangan

Jika anak dirasa sudah cukup menguasai teori maka segera berikan kesempatan agar anak langsung terjun ke lapangan. Untuk tahap-tahap awal, ajak dulu anak mengenal perangkat yang akan digunakan sebagai media coding. Izinkan anak mengoperasikan komputer, laptop, maupun perangkat lain yang akan dipakai coding. Setelah itu izinkan anak mulai mempraktikkan ilmu coding-nya secara kreatif.


Belajar coding untuk anak sebenarnya merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan jika metode yang dijalankan memang tepat. Mempelajari coding sejak usia dini akan jauh lebih mudah dan hasilnya juga lebih optimal. Pastikan untuk memilih lembaga belajar coding anak yang berkualitas agar anak mendapatkan pengalaman belajar yang menyenangkan.


0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua