Mengenal Pentingnya dan Manfaat Coding untuk Anak


Era digital memperkenalkan sektor pendidikan pada belajar coding. Tidak hanya terbatas pada para programmer profesional, namun ada juga manfaat coding untuk anak, yang artinya belajar coding juga terbuka untuk anak-anak. Hal ini merupakan sebuah indikasi bahwa teknologi dapat dipelajari oleh siapapun. Tidak ada batasan usia untuk mengembangkan diri dengan teknologi.


Pentingkah Anak Belajar Coding?


Diketahui bahwa coding merupakan sebuah aktivitas berkomunikasi dengan perangkat, dengan cara mengolah perintah sehingga bisa dipahami dan dijalankan. Komputer dan gadget, tidak berbicara layaknya manusia dengan bahasa sehari-hari. Namun perangkat tersebut memiliki bahasa sendiri untuk menjalankan perintah dari si pemilik gadget.


Era digital pun mulai masuk dan membuka pintunya untuk siapapun yang ingin beradaptasi dengan teknologi. Termasuk di dalamnya terlihat manfaat coding untuk anak, yang juga diberikan kesempatan untuk membaur, mempelajari, bahkan menguasai teknologi sejak dini.


Anak-anak adalah usia yang harus diarahkan ke berbagai kreativitas, salah satunya coding. Dengan mempelajari coding, anak-anak bisa mengoptimalkan penggunaan bahasa pemrograman untuk hal-hal yang disukai, dan lekat dengan dunia anak. Hal ini merupakan gambaran umum manfaat coding untuk anak.


Sebagai contoh, anak-anak dapat membangun sebuah game atau animasi. Game dan animasi adalah hal yang disukai oleh anak. Tentu saja, akan lebih menyenangkan jika anak-anak juga memahami bagaimana game dan animasi bekerja. Selain itu, ada juga aktivitas robotic yang belakangan juga dilombakan dan pesertanya banyak yang berasal dari usia anak-anak.


Manfaat Belajar Coding untuk Anak


Seiring dengan pentingnya anak-anak beradaptasi dengan era digital, maka manfaat coding untuk anak juga terlihat dalam beberapa keterampilan dan pengembangan diri anak sebagai berikut:


1. Critical and Computational Thinking

Salah satu keterampilan abad 21 yang wajib dimiliki adalah berpikir kritis. Dengan memiliki critical thinking, maka seseorang akan memiliki kemauan untuk maju dan terus mengembangkan diri. Termasuk di dalamnya dalam hal teknologi.


Terkait dengan teknologi, maka kemampuan berpikir ditambah dengan computational thinking, yang akan membantu anak meningkatkan kemampuan berpikir secara sistematis, terstruktur, dan juga logis. Dengan belajar coding, anak-anak akan belajar algoritma sederhana, yang tujuan akhirnya adalah pemecahan masalah dengan komputer.


2. Melatih Kreativitas

Anak-anak adalah masa emas yang harus dikenalkan dan dioptimalkan kreativitasnya. Belajar coding juga akan melatih anak mengasah keterampilan berdasarkan kreativitasnya. Tentu saja, karena anak akan berlatih membuat hal yang disuka seperti animasi, paduan gambar dan suara, hingga membangun game.


Di saat yang sama, anak-anak akan berkembang imajinasinya, memunculkan karya-karya baru dan diwujudkan dengan balutan teknologi. Jika hal ini terdorong, maka keterampilan dasar berbahasa yaitu berbicara, dan menulis, akan ikut meningkat.


3. Memecahkan Masalah

Melatih problem solving sejak dini akan membuat anak-anak memiliki daya juang di masa depannya. Belajar coding akan dihadapkan pada beberapa masalah seperti error code, dan anak-anak harus menemukan masalah dan menyelesaikannya. Praktis anak-anak akan terlatih menemukan solusi atau pemecahan masalah, dan hal itu akan berpengaruh pada kesehariannya.


4. Tambahan Softskill

Melatih softskill memang harus bertahap dan kontinyu. Selain itu, usia anak juga menjadi waktu yang tepat untuk mengasah softskill. Beberapa keterampilan yang bisa diasah dengan belajar coding adalah kegigihan, berpikir logis, dan keinginan untuk berkreasi atau menciptakan karya. Ketiganya tentu akan sangat bermanfaat kelak anak-anak menemui dunianya, sehingga tidak akan hanya diam berpangku tangan.


5. Daya Saing Teknologi

Membiasakan anak dengan teknologi, akan membuatnya terus merasa ingin berkembang mempelajari dan menguasai teknologi. Dengan demikian, anak akan memiliki daya saing dalam bidang teknologi, dibandingkan dengan yang tidak mempelajari teknologi.

Berbagai manfaat coding untuk anak harus dipertimbangkan, sebagai cara mengembangkan keterampilan dan kreativitas anak. Pastikan anak-anak mendapatkan tempat belajar coding yang profesional dan siap mendampingi kebutuhannya akan pengetahuan.


0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua