Mengenal Apa Itu Coding dan Tips Untuk Mempelajarinya


Keterampilan coding saat ini banyak dibutuhkan, sebab orang yang menguasai coding tentunya mampu beradaptasi pada kemajuan teknologi. Itulah mengapa, prospek kerja seorang yang ahli coding justru lebih luas di masyarakat. Pembaca juga bisa mengenal apa itu coding dan tips untuk mempelajarinya sebagaimana pembahasan di bawah ini:


Sekilas Tentang Coding


Sebelum membahas lebih jauh, pembaca tentunya patut memahami tentang apa itu coding dan gambaran dasar mengenai bahasan ini. Coding merupakan bahasa pemrograman yang perlu dibuat dengan merangkai karakter tertentu agar menghasilkan sebuah perintah. Kemampuan dalam merancang coding inilah yang perlu digali agar dapat menjadi lebih terbiasa dalam memahami cara kerja komputer.


Seseorang yang mahir bahasa pemrograman, selanjutnya akan lebih mudah dalam membuat aplikasi, membangun website, software, dan lainnya. Ketika programmer menuliskan instruksi, komputer akan langsung menjalankan perintah yang tertulis dalam kode. Oleh karena itu, dibutuhkan konsistensi yang tinggi selama belajar coding agar tidak mudah putus di perjalanan.


Tips Belajar Coding

Banyak tantangan yang akan muncul selama belajar bahasa pemrograman. Tetapi, tantangan tersebut tidak akan berpengaruh bila usaha diimbangi dengan tekad yang kuat. Agar lebih terarah, ada beberapa tips yang bisa dipahami supaya mudah dalam mempelajari coding hingga mahir. Berikut penjelasan tentang beberapa hal yang patut ditanamkan dalam belajar bahasa pemrograman:


1. Tetapkan Tujuan

Adanya tujuan atau target yang ingin dicapai akan menjadi sebuah motivasi bagi seorang anak selama mempelajari coding. Orang tua bisa mengenalkan sang anak mengenai prospek kerja yang akan diterima saat menguasai bahasa pemrograman ini. Mengingat belajar coding mungkin akan mengalami kesulitan di masa mendatang, adanya tujuan akan membuat seseorang tetap konsisten untuk belajar.


2. Pilihlah Sumber Belajar

Upaya menggali kemampuan coding untuk pemula bisa memilih berbagai sumber untuk belajar. Bagi seorang anak, mempelajari coding bisa dimulai dari materi dasar yang terdapat dalam sebuah game. Orang tua juga bisa memilihkan sumber belajar seperti buku bacaan, serta memilihkan mentor terbaik untuk menunjang kemajuan belajar anak.


3. Tantang Diri Untuk Berkomitmen

Selayaknya belajar hal baru, mempelajari coding juga berkemungkinan mengalami kendala. Misalnya menemukan materi yang sulit, sehingga membuat motivasi belajar memudar. Apabila hal ini terjadi, cobalah untuk mengingat tujuan belajar coding agar bisa semangat lagi untuk mempelajarinya. Bandingkan pula dengan seberapa besar manfaat yang akan diterima bila lancar mempelajari coding.


4. Kuasai Bahasa Inggris dengan Baik

Pada tingkatan dasar, anak-anak mungkin hanya mempelajari coding dari sebuah game. Tetapi, untuk pembahasan lebih lanjut pebelajar akan diperkenalkan dengan bahasa pemrograman yang lebih tinggi tingkatannya. Selama mempelajari coding, ada banyak istilah yang menggunakan bahasa Inggris. Hal ini dapat menjadi kendala bila pebelajar kurang fasih berbahasa Inggris.

Menguasai bahasa Inggris tidak harus secara keseluruhan, tetapi anak-anak setidaknya dapat mengerti penggunaan bahasa Inggris. Termasuk istilah-istilah yang seringkali muncul pada perintah coding. Pemahaman bahasa Inggris yang baik juga akan memudahkan dalam mencari sumber belajar bahasa pemrograman dari luar negeri.


5. Teliti Setiap Langkah

Materi coding pada dasarnya tidak lepas dari teks, karakter, angka, dan lain sebagainya. Untuk menghasilkan perintah, pemula harus mampu merangkai karakter dengan benar. Sebab, beberapa karakter saja dapat membuat hasil coding tidak sejalan dengan yang diharapkan. Sehingga, ketelitian perlu dibiasakan dalam belajar coding.

Demikianlah pembahasan tentang apa itu coding dan berbagai tips untuk mempelajarinya agar lebih terarah. Mempelajari bahasa pemrograman bisa dimulai sejak dini pada anak dengan menanamkan pemahaman dasar. Bila anak sudah terlatih dalam memecahkan masalah, maka selanjutnya akan lebih lancar dalam belajar coding.


0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua