Mengenal Apa Itu Coding dan Bahasa Pemrograman


Kemajuan teknologi dan era digital, membawa banyak perubahan dalam berbagai aktivitas dan profesi. Sebuah profesi programmer yang sering berkutat dengan perangkat lunak, tentu paham mengenai apa itu coding. Namun demikian, coding saat ini ternyata tidak hanya terbatas untuk programmer saja, karena masyarakat awam bahkan anak-anak juga bisa mempelajarinya.


Apa Itu Coding?

Ketika membaca sebuah artikel dari internet menggunakan perangkat komputer seperti PC atau laptop, klik kanan di web browser dan akan didapati pilihan ‘lihat sumber halaman’. Jika menelusurinya, maka akan tampak sekumpulan kode. Itulah yang disebut dengan bahasa komputer, atau kode-kode yang digunakan agar komputer bisa menjalankan perintah.


Bagi yang belum mengenal apa itu coding, hal itu merupakan kegiatan yang dilakukan oleh para programmer untuk mengatur jalannya perangkat lunak, sesuai dengan perintah yang diinginkan. Dengan kata lain, para programmer meng-coding untuk mengembangkan perangkat lunak, sehingga dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan secara teknis.

Dapat disimpulkan bahwa coding adalah sebuah aktivitas komunikasi antara programmer dengan komputer, sehingga perangkat akan memahami dan menjalankan apa yang diinginkan. Kode atau bahasa pemrograman tersebut diibaratkan sebagai bahasa sehari-hari jika sedang berbincang dengan manusia biasa.


Fungsi Coding Pada Perangkat Lunak

Menerapkan coding pada perangkat lunak, artinya para programmer menggunakan dan menuliskan kode atau script dengan bahasa pemrograman, yang tentu saja berbeda dengan bahasa latin yang biasa digunakan untuk berbicara. Bahasa yang digunakan dalam hal ini adalah bahasa yang dapat dipahami oleh komputer, sehingga perangkat bisa menjalankan perintah.


Pada saat proses meng-coding, terdapat aturan syntax yang berlaku, dan berbeda-beda untuk setiap perangkat lunak dan juga device. Misalnya, akan berbeda coding untuk sistem Android yang biasa digunakan untuk gadget, dengan script bahasa untuk program komputer di laptop atau PC. Semuanya tergantung dari bahasa mana yang akan digunakan di masing-masing perangkat tersebut.


Dapat disimpulkan bahwa coding adalah sebuah aktivitas komunikasi antara programmer dengan komputer, sehingga perangkat akan memahami dan menjalankan apa yang diinginkan. Kode atau bahasa pemrograman tersebut diibaratkan sebagai bahasa sehari-hari jika sedang berbincang dengan manusia biasa.


Sebagaimana bahasa yang digunakan sehari-hari, ada juga ‘grammar’ dalam bahasa coding yang dikenal dengan sintaks. Aturan sintaks ini juga harus dipenuhi oleh programmer agar bahasa dapat dimengerti dan perintah dapat dijalankan. Jika terdapat kesalahan, misalnya menuliskan huruf kecil dengan huruf besar, maka komputer tidak akan memahami perintah tersebut dan akan terjadi error code.


Mengenal Bahasa Pemrograman

Jika ingin mulai belajar coding, ada tahapan yang harus dipahami di awal yaitu tentang bahasa pemrograman. Dikatakan sebelumnya bahwa bahasa pemrograman tergantung dari kebutuhan masing-masing, karena setiap perangkat akan memiliki karakteristik bahasa pemrograman yang berbeda.


Sebagai contoh, seorang programmer yang ingin membangun program untuk device berbasis Android, maka programmer tersebut biasanya akan menggunakan Java atau Kotlin. Tentu keduanya familiar dan sering terdengar jika menggunakan smartphone dengan OS Android. Namun lain halnya jika ingin belajar membangun program untuk komputer.


Seringnya, perangkat komputer akan menggunakan PHP, atau beberapa Javascript. Pemilihan bahasa pemrograman tersebut lagi-lagi disesuaikan dengan kebutuhan membangun programnya. Banyak sekali bahasa pemrograman yang populer lainnya selain PHP atau Java yaitu: Python, Ruby, C++, atau Swift.


Bahasa pemrograman tersebut memiliki karakteristik dan juga aturan sintaks yang berbeda-beda. Dengan demikian, bagi yang ingin belajar programmer harus memastikan di awal terkait tujuan belajar pemrograman, selain memahami apa itu coding sendiri.

Setelah mengenal dan memahami dengan baik apa itu coding, dan juga berbagai jenis bahasa pemrograman. Belajar coding saat ini sudah sangat mudah dicari. Tak sedikit lembaga pelatihan yang menawarkan kursus coding, bahkan untuk anak-anak.



0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua