Manfaat Coding Untuk Anak dan Tips Belajarnya


Kemajuan teknologi dan kebutuhan era digital, membuat sebuah transformasi dalam sektor pendidikan. Salah satunya adalah adanya kelas coding untuk anak, yang mengarahkan anak-anak usia dini untuk mempelajari bahasa pemrograman. Hal ini tentu memunculkan tanda tanya besar, terutama terkait kesiapan anak dalam menggeluti kerumitan bahasa teknologi, serta peran pendampingan orang tua.


Manfaat Anak Belajar Coding


Kekhawatiran mempelajari coding untuk anak bagi orang tua sebenarnya seimbang dengan manfaat yang akan didapatkan. Meskipun tampak rumit, namun belajar coding akan mengasah kreativitas serta daya berpikir logis anak-anak.


Anak yang mengikuti kursus coding, akan dirangsang imajinasi dan kreativitasnya, karena di tempat ini anak-anak akan mulai membuat sebuah animasi sederhana, sampai dengan game yang tingkat rumitnya lebih tinggi.


Dengan demikian, belajar coding sebenarnya memberikan banyak manfaat bagi anak. Kekhawatiran akan kerumitan yang akan dihadapi oleh anak, adalah juga merupakan latihan bagi anak untuk menyelesaikan masalah.


Tips Belajar Coding Untuk Anak


Jika para orang tua masih merasa khawatir dengan materi belajar yang terlalu rumit, maka beberapa tips berikut dapat diikuti untuk mendapatkan hasil yang baik juga. ada 3 tips sederhana, bagaimana seharusnya orang tua mengambil keputusan jika anak-anak ingin ikut belajar coding, agar kegiatan belajarnya menyenangkan.


1. Mencari Online Course

Banyak sekali promosi yang menampilkan platform belajar coding secara online Coding Bee Online. Selain itu, tentu banyak juga perusahaan yang memberikan fasilitas belajar coding bagi anak, mulai dari level dasar. Hal ini berarti, lembaga kursus coding online sudah sangat mengambil celah dari kebutuhan mempelajari teknologi untuk anak-anak.


Maka, para orang tua sebenarnya tidak perlu khawatir lagi jika anak-anak ingin mempelajari coding. Orang tua dapat mencari dan mendaftarkan anak-anak pada online course, sehingga belajar coding tetap bisa dilakukan dalam pantauan orang tua di rumah.


2. Cari Kursus Gratis

Mencari kelas coding yang dibuat untuk anak semakin mudah dengan bermunculannya platform belajar coding gratis. Hal ini menjawab pertanyaan sebagian orang tua, terkait biaya yang harus disiapkan ketika akan membekali anaknya dengan belajar coding.


Selain itu, kursus coding online dan gratis ini juga cocok diikuti oleh berbagai kelas usia. Artinya, orang tua bisa ikut mendampingi anak-anaknya, dan ikut belajar bersama-sama. Beberapa yang menawarkan materi belajar coding khusus anak lewat media virtual.


3. Mempelajari Coding Game

Teknik belajar sambil bermain ini dapat digunakan, agar anak-anak merasa lebih bersemangat mengurai kerumitan bahasa pemrograman. Umumnya bahasa yang digunakan adalah Java atau C++. Di antara game yang menggunakan bahasa tersebut adalah Angry Birds, atau Polycraft.


4. Mencari Mentor

Ketika mempelajari coding dan terhambat karena kesulitan yang dihadapi, maka diperlukan peran mentor untuk mengarahkan. Hal ini juga menjadi tips penting, meskipun tak sedikit yang berhasil mempelajari coding secara otodidak dan seorang diri.


Ada baiknya mencari mentor yang qualified di bidangnya, agar permasalahan yang muncul dapat diatasi. Mentor tersebut bisa berasal dari banyak kalangan, seperti guru di sekolah, saudara, tetangga, atau bahkan teman sekolah yang sudah terlebih dahulu belajar coding.


5. Bergabung dengan Komunitas

Seiring dengan banyaknya kelas kursus coding online, tak sedikit pula komunitas pelajar coding di berbagai media sosial. Tak ada salahnya jika orang tua ingin bergabung dengan komunitas tersebut, sehingga di dalamnya dapat terjalin komunikasi, sekaligus sharing terkait belajar coding bagi anak-anak.


Setelah mendapatkan tips belajar coding untuk anak, maka tidak akan ada keragu-raguan lagi jika anak ingin mengembangkan bakat dan kreativitasnya melalui sektor teknologi. Selain menjadi kreatif, belajar coding adalah salah satu bekal untuk masa depan anak agar memiliki daya saing yang tinggi.


0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua