5 Manfaat Coding untuk Anak di Tengah Masa Pandemi

Diperbarui: 22 Feb


Selama pandemi ini, anak-anak memiliki keterbatasan dalam menjalani aktivitas. Orang tua harus pandai mencari kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak. Belajar coding bisa jadi sebuah pilihan yang tepat saat ini. Kali ini akan dibahas apa saja manfaat coding untuk anak di era pandemi seperti sekarang yang penuh dengan keterbatasan.


1. Menciptakan Kegiatan yang Bermanfaat

Mengikuti program belajar coding selama pandemi akan membuat anak jadi punya kegiatan yang bermanfaat. Salah satu tantangan orang tua di era pandemi ini adalah menyediakan kegiatan yang bisa menghibur anak tapi juga dapat memberi manfaat. Belajar coding ini bisa jadi salah satu pilihan yang tepat karena tak hanya terasa seru tapi juga menawarkan segudang manfaat.


Anak-anak zaman sekarang pasti tidak bisa dipisahkan dengan gadget. Daripada memaksa anak untuk meninggalkan gadget mereka, arahkan saja penggunaan gadget untuk hal yang positif. Contoh yang paling mudah adalah dengan belajar coding. Coding akan menambah pengetahuan dan meningkatkan keterampilan yang dimiliki oleh anak.


2. Mendorong Kreativitas Anak

Mempelajari coding selama pandemi ini akan membuat anak semakin termotivasi untuk berpikir secara kreatif. Seperti diketahui bahwa pandemi mengharuskan anak-anak untuk belajar dari rumah. Belajar serta bermain di rumah tentu sangat membatasi kreativitas anak sehingga kemampuan berpikir mereka juga jadi terbatas.


Belajar coding akan membantu mengasah kreativitas anak secara efektif. Kegiatan ini dapat diikuti secara online sehingga mana dilakukan selama masa pandemi. Anak bisa kembali mengasah otak untuk berpikir secara kreatif dan menyalurkannya di wadah yang tepat.


3. Membuka Kesempatan Anak Berpikir Luas

Tidak bisa dipungkiri bahwa memang situasi pandemi ini membuat cara berpikir anak jadi terbatas. Anak membutuhkan wadah yang bisa membantu pikirannya terbuka lebih luas. Belajar materi di sekolah mungkin tak cukup untuk membuat anak berpikir lebih luas tanpa batas. Kebebasan berpikir tersebut bisa didapatkan dengan mengajak anak untuk belajar ilmu coding.


Salah satu manfaat coding untuk anak adalah membuat anak masuk ke dunia yang baru. Secara otomatis anak akan berpikir lebih luas lagi untuk memahami dunia baru tersebut. Cara berpikir anak juga akan jadi lebih luas karena memang bidang ini menuntut pemikiran yang logis, kreatif, dan tidak terbatas.


4. Memberikan Kesibukan yang Menarik

Memasukkan anak pada sebuah lembaga bimbingan coding akan membuatnya mendapatkan sebuah kesibukan. Kesibukan ini menjadi suatu hal yang menarik untuk dijalani karena coding itu sendiri adalah sebuah topik yang tidak membosankan. Apalagi belajar coding kini dapat dilakukan lewat berbagai jenis media game.


Banyak sekali anak-anak yang kehilangan aktivitas menarik karena harus diam di rumah selama pandemi. Tentunya belajar coding ini akan menjadi sebuah kesibukan yang menarik dan menyenangkan. Anak akan masuk ke dunia baru dan bisa menemui beragam jenis game yang membuat dirinya semakin paham dengan coding.


5. Memberi Anak Bekal untuk Berkarir

Belajar coding selama pandemi ini akan membuat anak mendapatkan bekal yang matang untuk berkarir. Meskipun masih anak-anak tapi mempersiapkan bekal berkarir sejak dini sangatlah penting. Soft skill yang dimiliki di bidang coding ini sudah pasti akan sangat dibutuhkan di masa depan karena memang kemajuan teknologi terus berkembang.


Itulah 5 manfaat coding untuk anak di era pandemi seperti sekarang. Tentunya tak perlu ragu lagi untuk mengajak anak belajar ilmu coding. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dan anak juga pasti akan merasa bersemangat karena bisa belajar hal baru yang menyenangkan.


0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua