Langkah Mengajarkan Coding Untuk Anak Agar Mudah & Menyenangkan


Kini semua orang bisa mempelajari coding. Meskipun tidak mudah, kini ada banyak cara, tempat kursus hingga aplikasi yang bisa membuat coding untuk anak menjadi lebih mudah dan gampang dimengerti. Nah, bagi orang tua yang ingin mengajarkan coding sejak dini, berikut adalah beberapa cara mudah untuk melakukannya:


1. Ajarkan Mulai Dari Permainan

Coding merupakan kegiatan yang bisa diterapkan pada banyak hal, mulai komputer, software hingga permainan. Nah, agar anak-anak tertarik untuk belajar coding, maka ajarkan dasar-dasar coding pada anak-anak dari permainan yang bersifat teknis. Beberapa contoh permainan yang bisa mengajarkan dasar coding ke anak-anak adalah lego, magnet, robot hingga sirkuit elektronik.


Tanpa disadari, dengan bermain permainan tersebut, anak-anak diajak untuk berpikir logis dan menjadi kreatif agar dapat memenangkan permainan tersebut. Selain itu, ada level-level yang harus dilalui demi membangun kehidupan dalam permainan tersebut.


2. Menggunakan Aplikasi Belajar Coding

Nantinya, ketika anak-anak sudah mulai paham dengan cara bermain permainan tersebut, maka mereka bisa mulai belajar bahasa pemrograman seperti ScratchJr. Ini merupakan bahasa pemrograman yang berbasis visual namun dibentuk dengan interaktif. Sehingga, ketika belajar coding, anak-anak tidak akan menyadarinya dan tetap bersenang-senang.


Cara menggunakan aplikasi ini berbeda dengan aplikasi orang dewasa. Disini, anak-anak tidak harus membuat atau menulis script melainkan melakukan drag and drop pada kolom yang disediakan. Nantinya, blok kode tersebut akan tersusun menjadi sebuah perintah dan logika hingga bisa menjadi sebuah program. Yang membuat aplikasi ini semakin menarik adalah bentuk programnya yang bervariasi mulai dari animasi, permainan hingga program menyenangkan lainnya.


3. Mengikuti Kursus Coding

Cara lain agar belajar coding untuk anak menjadi lebih mudah adalah dengan mengikuti kursus coding. Selain bisa mendapatkan teman untuk belajar, kursus coding bisa memberikan banyak wawasan kepada anak-anak. Metode yang digunakan pun sangat beragam, membuat coding menjadi hal yang tidak sulit.


Bagi yang ingin mendaftarkan anaknya ke kursus coding, maka coba daftarkan codingbee. Ini merupakan tempat belajar coding yang bisa dilakukan secara online dan offline. Selain memiliki kelas untuk orang dewasa, codingbee juga memiliki kelas khusus anak-anak.


4. Sering Memberikan Latihan

Pepatah practice makes perfect merupakan istilah yang sangat tepat bagi anak-anak yang ingin belajar coding. Setelah memahami cara mengaplikasikan bahasa coding, maka berikan banyak latihan kepada anak-anak agar mereka terbiasa dalam membuatnya. Semakin sering latihan, maka mereka akan semakin terbiasa dalam menggunakan bahasa coding.


Jika sudah menguasai salah satu bahasa coding dasar, maka ajarkan bahasa coding yang lainnya agar pengetahuannya semakin luas. Perlahan namun pasti, anak-anak akan belajar bahasa coding yang lebih advance dan menjadi lebih ahli.


5. Mempelajari Coding Dari Sumber Lain

Tidak ada salahnya mengajari anak-anak coding dari sumber lain seperti game online. Meskipun belum bisa memahami secara keseluruhan mengenai bahasa coding tersebut, namun anak-anak bisa mencoba mengartikan setiap bahasa yang digunakan. Dengan begitu, mereka bisa mencoba membuat coding sendiri yang mirip dengan coding yang telah mereka pelajari.


Jadi, bagi orang tua yang ingin mengajarkan coding untuk anak, cobalah beberapa langkah di atas. Selain itu, jangan lupa untuk mengikutkan anak dalam kursus coding seperti di codingbee.org. Ini merupakan tempat kursus coding untuk semua usia dan kalangan. Selain itu, disini para peserta bisa belajar secara online atau offline. Dengan mengikuti kursus ini anak-anak akan semakin ahli dan paham dengan coding.


0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua