Cara Efektif Mengedukasi Anak Supaya Mau Belajar Coding



Belajar coding memang bukanlah hal yang mudah, namun ada pentingnya untuk tahu bagaimana cara yang paling efektif agar anak juga bisa mulai belajar coding sejak dini. Perlu diketahui rentang usia anak yang paling ideal untuk belajar coding adalah ketika masih sekolah dasar.


Maka itu pentingnya orang tua untuk menumbuhkan rasa ingin tahu tentang coding pada anak, melihat peluang kerja yang begitu besar untuk bidang programming. Itulah alasan mengapa kini orang tua juga harus berperan aktif dalam menumbuhkan rasa ingin tahu pada si anak agar lebih cepat memahami coding.


Coding bisa dipelajari secara otodidak atau bahkan melalui les privat yang membuka kelas untuk belajar coding. Meskipun demikian, belajar coding juga tidak bisa dipelajari secara sembarangan. Berikut cara agar belajar coding lebih efektif untuk anak:


1. Jelaskan secara sederhana coding kepada anak bisa menggunakan istilah atau analogi

Biasanya anak usia dini lebih suka belajar dan bisa cepat untuk menangkap pelajaran, itulah pentingnya mengajarkan anak coding sejak dini. Hal ini dipengaruhi usia anak yang masih cenderung mudah ingat dan belum tahu bahwa coding itu sulit untuk dipelajari.


Maka itu pentingnya untuk bisa memanfaatkan momen ini agar anak bisa segera belajar coding sejak usia dini. Ajarkanlah anak coding menggunakan istilah yang sederhana dan mudah dipahami, biasanya anak akan cepat menangkap jika belajar menggunakan istilah atau simbol.


2. Jelaskan cara mudah memahami penggunaan komputer dan cara berkomunikasi

Sebagai orang tua, mendukung anak agar lebih kreatif dalam berpikir untuk belajar coding. Jelaskan kepada anak bahwa belajar coding memiliki beberapa bahasa pemrograman seperti javaScript, SQL, java, python dan masih banyak lagi. Disinilah mulai kenalkan dengan anak bahwa komputer juga memiliki berbagai bahasa dan penting untuk dipelajari sejak kecil. Bahasa visual seperti scratch juga bisa anda kenalkan pada anak, ini bahasa pemrograman yang mudah dimengerti tanpa harus memikirkan sintaksis.


3. Berikan kesempatan kepada anak agar mulai terjun langsung

Biasanya orang tua juga sangat tidak sabar jika melihat anak belajar dengan memulai mempraktikkan apa yang sedang dipelajari, ini karena bisa saja karena si anak belum bisa melakukannya secara cepat dan masih pemula, sehingga membuat orang tua terkadang ingin mengambil alih dan mendikte anak secara berlebihan. Beri Kesempatan kepada anak untuk mulai mengaplikasikan yang ia pelajari, Ini artinya si anak harus mulai mengaplikasikan apa yang dipelajarinya tentang coding itu sendiri.


Jangan biasakan mendikte anak secara berlebihan, artinya anda harus memberikan anak kesempatan mulai menggerakkan kursor mouse dan berikan kesempatan untuk anak belajar dan latihan secara langsung. Ini juga membantu anak bisa belajar coding secara efektif dan lebih nyaman, berikan instruksi kepada anak namun jangan mengendalikan mouse.


4. Sediakan PC agar anak mudah latihan setiap hari di rumah

Ini merupakan salah satu cara efektif yang bisa orang tua terapkan, dengan menyediakan kepada si anak PC atau laptop untuk belajar coding di rumah. Ini bisa melatih anak secara rutin dan bisa mengontrol langsung agar bisa fokus untuk memahami coding yang sedang dipelajari. Anda juga bisa mengawasi anak dalam menggunakan PC agar tidak disalahgunakan untuk hal yang lain, ini efektif karena bisa membantu anak lebih serius untuk bisa memahami bahasa pemrograman dari komputer.


0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua