Apa Itu Coding dan Cara Mudah Mempelajarinya


Belajar coding bagi sebagian besar orang dianggap sebuah keterampilan yang sulit dan tidak bermanfaat. Hal ini tentunya tidak benar karena coding memiliki banyak manfaat baik untuk masa kini dan masa depan. Bagi yang belum pernah mendengar istilah ini dan menganggapnya sulit, mari pelajari terlebih dahulu apa itu coding dan manfaatnya.


Secara sederhana, coding merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan oleh seorang programmer untuk bisa berkomunikasi dengan komputer. Dengan adanya coding ini, maka komputer akan menjalankan perintah atau informasi yang diberikan oleh programmer. Namun agar bisa berjalan, para programmer harus memastikan bahwa informasi atau perintah yang dimasukkan benar.


Cara Belajar Coding yang Mudah

Setelah mempelajari apa itu coding, saatnya mempelajari lebih detail mengenai cara belajar coding yang mudah. Salah satu kunci untuk bisa mempelajari coding dengan benar adalah dengan memilih tempat kursus yang dapat membantu Anda dalam memahami konsep dan dasar coding. Nah, untungnya kini ada codingbee.org yang siap membantu para pemula untuk belajar coding dengan mudah.


Selain menentukan tempat kursus yang tepat, Anda juga harus mengetahui cara belajar coding yang tepat. Untuk memudahkan Anda dalam belajar coding, jangan lupa untuk memperhatikan dan melakukan hal-hal berikut:


1. Pelajari dan Pahami Konsep Dasar Coding

Sebelum belajar lebih jauh mengenai cara coding, ada baiknya Anda mempelajari terlebih dahulu konsep dasar yang digunakan dalam coding. Dalam coding, ada 5 konsep dasar sangat penting, yaitu variabel, struktur data, control structure, syntax, hingga tools. Setiap konsep dasar dalam coding ini saling berhubungan, jadi pastikan untuk memahami arti dan fungsi dari setiap konsep tersebut sebelum belajar lebih jauh.


2. Memilih Bahasa Pemrograman

Selain mempelajari konsep dasar coding, Anda juga harus memilih bahasa pemrograman yang akan dipelajari. Dalam dunia coding, ada banyak bahasa pemrograman yang digunakan seperti JavaScript, SQL, Java, Python dan masih banyak lagi. Setiap jenis bahasa pemrograman memiliki fungsi yang sama namun untuk tujuan yang berbeda-beda.

Untuk mempermudah dalam belajar coding, maka ada baiknya untuk memilih satu jenis bahasa pemrograman terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda akan lebih fokus dalam belajar coding dan tidak bingung dengan bahasa pemrograman yang lainnya.


3. Mengikuti Kursus Coding

Jika sudah menentukan jenis bahasa pemrograman yang ingin dipelajari, maka daftarlah kursus coding yang tersedia, seperti Codingbee.org. Disini, Anda bisa menentukan jenis kursus yang diinginkan dan belajar secara langsung atau online! Selain itu, disini ada berbagai jenis kursus coding untuk anak-anak, pemula hingga profesional yang ingin meningkatkan keterampilannya.


4. Mempelajari Coding Orang

Jika belum bisa membuat coding sendiri, maka pelajari bahasa coding yang dibuat oleh orang lain. Coding orang lain bisa ditemukan dengan mudah di open source seperti game online atau internet. Selanjutnya, pelajari coding tersebut dan terjemahkan artinya. Jika sudah mulai paham, maka Anda sudah paham mengenai dasar bahasa pemrograman.


5. Mulai Praktek

Semua teori yang dipelajari tidak akan berguna jika tidak dipraktekkan secara langsung. Setelah mempelajari semua teori dasar dalam coding, maka saatnya mencobanya secara langsung pada software yang telah dipilih. Untuk memastikan Anda sudah berjalan dengan benar, jangan sungkan untuk bertanya pada mentor atau tempat Anda kursus.


Meskipun coding tampak sulit, namun semua akan menjadi lebih mudah ketika belajar di tempat yang tepat. Nah, bagi yang ingin belajar coding, silahkan datang ke codingbee.org. Merupakan tempat belajar coding yang mudah dan menyenangkan, baik untuk anak-anak hingga orang dewasa. Selain menjelaskan dasar dan apa itu coding, kursus online Coding Bee juga akan membantu belajar coding hingga menjadi seorang ahli!




0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua