5 Tips Mengajak Anak Les Coding secara Efektif


Di masa pertumbuhannya, anak berhak mendapatkan fasilitas pendidikan yang memadai. Tak hanya melalui pendidikan formal namun juga non-formal seperti mengikuti berbagai jenis les. Les coding bisa jadi salah satu pilihan kegiatan yang dapat diikuti oleh anak-anak karena memiliki beragam manfaat. Berikut adalah 5 tips efektif yang bisa dilakukan agar anak bersedia mengikuti bimbingan coding:


1. Berikan Penjelasan Ringan

Jika anak memang memiliki bakat di dunia coding dan teknologi maka cobalah untuk memulai dengan memberi penjelasan ringan. Jelaskan kepada anak apa sebenarnya coding itu agar bakat mereka bisa diarahkan lebih baik lagi. Berikan informasi yang mudah dicerna oleh anak mengenai coding dan manfaatnya di dunia ini.


Anak-anak sebenarnya memiliki cara berpikir kritis yang kadang tidak diduga oleh para orang tua. Penjelasan ringan mengenai dunia coding mungkin bisa secara efektif membuat anak merasa semakin tertarik. Buatlah penjelasan yang mudah dipahami layaknya sebuah cerita sehingga anak-anak semakin bersemangat untuk mendalami coding.


2. Tunjukkan Pekerjaan di Dunia Coding

Selanjutnya cobalah tunjukkan berbagai jenis pekerjaan yang ada di dunia coding. Orang tua bisa menceritakan jenis profesi apa saja yang bisa ditekuni oleh seseorang yang jago coding. Ini juga bisa memunculkan motivasi pada diri anak sehingga akan semakin bersemangat untuk mengikuti les.


Meskipun masih jauh bagi anak-anak untuk menekuni profesi impian, namun tak ada salahnya untuk merencanakan sedini mungkin. Orang tua bisa mulai memperkenalkan anak-anak dengan berbagai jenis profesi di bidang coding. Nantinya anak-anak bisa memiliki profesi yang diinginkan dan semakin serius belajar coding.


3. Dekatkan Anak dengan Teknologi

Tak ada salahnya membuat anak akrab dengan teknologi. Apalagi di zaman sekarang yang memang serba canggih dan teknologi juga semakin maju. Justru akan sangat rugi jika anak tidak dikenalkan dengan teknologi sejak dini. Orang tua bisa mengambil peran dalam memperkenalkan anak dengan kemajuan teknologi.


Semakin dekat dengan teknologi, anak juga akan semakin dekat dengan pentingnya ilmu coding. Apalagi jika anak-anak mulai menggunakan teknologi seperti perangkat komputer maupun smartphone. Mereka akan penasaran bagaimana program di dalam perangkat tersebut bisa berjalan dan akhirnya ingin mempelajarinya.


4. Sediakan Layanan Belajar yang Menyenangkan

Agar anak semangat ikut les coding, cobalah untuk menyediakan layanan belajar yang menyenangkan. Biarkan anak belajar di bawah bimbingan yang nyaman dan memang cocok dengan metode belajar anak-anak. Jika proses belajarnya nyaman maka anak juga akan lebih bersemangat dan ilmu yang diterima juga bisa digunakan secara optimal.


5. Berikan Fasilitas yang Mendukung

Orang tua yang menginginkan anaknya belajar coding tentu harus memberikan fasilitas yang mendukung. Agar bisa belajar coding, anak membutuhkan perlengkapan untuk mendukung proses belajar. Contoh paling mudahnya adalah perangkat komputer untuk membantu anak lebih mudah memahami coding dan mempraktikkan ilmu pemrograman tersebut.


Bagi sebagian orang, memberikan fasilitas gawai kepada anak dianggap buruk. Padahal perangkat elektronik juga dibutuhkan oleh anak agar lebih akrab dengan perkembangan teknologi. Selain perangkat komputer, orang tua juga bisa memberikan laptop atau tablet demi mempermudah anak dalam belajar ilmu coding.


Itulah tadi 5 tips untuk mengajak anak mengikuti les coding secara efektif dan penuh semangat. Terlebih dahulu pastikan bahwa anak memang memiliki kemauan untuk belajar coding. Anak harus memiliki kemauan dari dirinya sendiri sehingga bisa belajar coding dengan nyaman dan efektif.


0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua