5 Manfaat Coding Untuk Anak yang Perlu Orang Tua Pahami 


Setiap orangtua tentunya menginginkan sang anak pandai dalam suatu bidang tertentu. Bila menginginkan sang anak mampu lebih memahami tentang dunia teknologi, maka belajar coding sedini mungkin sangat direkomendasikan. Terlebih manfaat coding untuk anak juga sangat besar, salah satunya dapat mempengaruhi kepribadian dan keterampilan.

Belajar coding pada dasarnya tidak harus dituntut melalui materi yang sulit. Adapun pada anak-anak, coding dapat diperkenalkan melalui permainan sederhana maupun belajar secara konvensional untuk materi dasar. Berikut merupakan penjelasan dari beberapa manfaat yang akan diterima oleh anak saat giat dalam mempelajari coding:


1. Mengasah Pemecahan Masalah


Selama mempelajari coding, anak-anak perlu belajar untuk berpikir runtut dan terorganisir. Misalnya saja ketika sedang menjalankan sebuah game, tentunya dibutuhkan strategi yang tepat agar dapat memenangkan permainan. Termasuk menentukan setiap langkah yang harus dipilih agar game dapat berjalan sesuai target yang telah ditetapkan.


Kemampuan dasar seperti ini bukan hanya dapat berguna dalam membuat pemrograman komputer atau coding saja. Melainkan juga dapat dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari yang lebih kompleks. Sehingga, ketika terdapat sebuah masalah maka seorang anak dapat memikirkan solusi dari pemecahan masalah tersebut dengan lebih sistematis.


2. Mudah Memahami Cara Kerja Teknologi


Coding cenderung mengarah pada teknologi, sehingga mempelajarinya akan memudahkan seseorang untuk memahami cara kerja teknologi. Sebagaimana yang dipahami bersama, teknologi pada dasarnya selalu mengalami perkembangan. Sehingga dengan memahami cara kerja teknologi, maka seseorang tidak akan pernah ketinggalan apabila sudah muncul teknologi yang terbaru.


3. Terbiasa Untuk Mencoba dan Tekun


Saat mencoba hal baru, termasuk mempelajari coding tentunya tidak akan semudah yang dibayangkan. Sebab, Ada kemungkinan anak-anak juga mengalami beberapa kegagalan saat membuat coding. Tetapi, terjadinya kesalahan tersebut justru akan membuat anak lebih termotivasi untuk mencoba dan tekun berlatih dalam membuat coding.


4. Meningkatkan Kreativitas


Selama mempelajari coding, anak-anak akan berkenalan dengan berbagai macam warna, animasi, tulisan, dan lain sebagainya. Kombinasi dari berbagai karakter tersebut akan membuat kreativitas sang anak semakin meningkat. Misalnya saat bermain game yang mengandung unsur coding sederhana, yang mana memerlukan kreativitas pemain.


Meningkatnya kreativitas ini sebagai salah satu manfaat coding untuk anak juga akan membawa pengaruh baik ke depannya. Cara berpikir kreatif yang dihasilkan dari game coding juga akan mendorong kemampuan di bidang lainnya. Sebagai contoh seperti kemampuan menulis dan berbicara, yang mana turut meningkat seiring mempelajari coding.


5. Melahirkan Pribadi yang Positif


Tidak semua anak terlahir dengan tingkat kepercayaan diri yang cukup tinggi. Sebab, terkadang ada beberapa anak yang terlalu minder dalam mengambil keputusan. Melalui berbagai latihan yang dilakukan pada aplikasi game coding, diharapkan dapat meningkatkan rasa percaya diri anak untuk mengambil satu keputusan tertentu.


Sekilas hal tersebut memang terlihat sepele, tetapi rasa percaya diri yang tinggi juga akan membawa pribadi yang positif. Tanpa disadari, belajar coding juga akan membuat anak-anak lebih siap dalam mengatasi berbagai permasalahan di dunia nyata. Diharapkan akan lebih mudah bagi seorang anak kedepannya untuk beradaptasi dalam lingkungan yang baru. Misalnya lingkungan sekolah maupun tempat kerja.


Itulah penjelasan tentang manfaat coding untuk anak yang perlu dipahami oleh para orang tua. Mengenalkan coding pada anak dapat dimulai dari permainan dasar yang sederhana. Misalnya saja dengan mengenalkan anak-anak pada permainan yang memerlukan logika untuk diselesaikan. Sehingga, adanya game tersebut dapat melatih keterampilan coding pada tingkat dasar.


0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua