5 Cara Agar Les Coding Menjadi Efektif untuk Anak


Belajar bahasa pemrograman dengan memahami coding, bisa ditempuh salah satunya dengan les coding. Namun demikian, tak sedikit para peserta kursus yang gagal mengaplikasikan ilmunya setelah masa kursus berakhir. Bukan semata-mata harus sering praktik, namun ada 7 hal yang bisa diterapkan agar peserta kursus coding tetap efektif sampai selesai program.


1. Tetap Simpan Buku Materi

Hal yang biasa dilakukan setelah les coding selesai adalah membuang materi. Apalagi, jika materi diberikan dalam bentuk buku. Saat ini lebih banyak orang yang memilih menonton video tutorial ketimbang membaca buku.


Namun, anggapan tersebut ternyata kurang tepat. Coding adalah sebuah aktivitas memahami bahasa komputer. Dalam menerapkannya ada juga sintaks tertentu yang berbeda untuk setiap perangkat lunak dan device. Hal tersebut pasti tertulis di dalam buku, mulai dari kode-kode khusus, sintaks, sampai dengan penjelasan fungsinya.


Meskipun di video tutorial pasti ada juga penjelasan tersebut, namun akan lebih repot memutar video karena harus dihafalkan di menit keberapa pembicara menjelaskannya. Lain halnya dengan buku, yang bisa dibuka lembarannya dengan mudah dan lebih cepat ditemukan penjelasannya.


2. Praktikkan dengan Mengajarkannya

Ada sebuah pepatah agar ilmu tidak lekas hilang, ajarkan satu hal yang dipelajari hari ini. Pepatah ini juga bermanfaat ketika ingin terus mengingat bahasa-bahasa komputer yang rumit, yaitu dengan mencoba mengajar.


Tentu saja, mengajar dalam hal ini tidak perlu secara formal di dalam sebuah lembaga. Melainkan, bisa dengan mencari teman, saudara, atau anggota keluarga terdekat, untuk menjadi partner. Praktikkan seolah-olah partner tersebut adalah siswa dan coba ajari apa yang telah dipelajari dari les coding hari ini.


3. Main Game

Ada aktivitas menyenangkan yang tak kalah edukatif yaitu bermain game. Ternyata, bermain game tidak selamanya mendatangkan efek negatif, apalagi jika sedang belajar coding. Game sebenarnya memiliki konsep untuk membantu memahami hal yang sulit.


Belajar coding dengan bermain game, sama halnya dengan belajar sambil mempraktikkan apa yang sedang dipelajari. Jika mengulang-ulang terus apa yang dimainkan di dalam game tersebut, maka secara tidak langsung polanya akan tertanam di otak dan hafal dengan sendirinya.


4. Pelajari Hasil Coding Orang Lain

Selain membutuhkan materi dari mentor, belajar coding juga bisa berkembang dan terus diingat dengan mempelajari hasil coding yang dibuat oleh orang lain. Tak sedikit peserta les coding yang telah menerapkan ilmunya, dengan membuat animasi atau game.


Perhatikan fungsi dari coding yang digunakan, lalu coba ulik dan tuliskan di sebuah buku. Dengan begitu, akan ada tambahan informasi atau ilmu baru yang bisa didiskusikan dengan mentor. Lebih jauh lagi, ilmu dari kursus tidak akan cepat hilang.


5. Terapkan Coding yang Ingin Dibuat

Pada dasarnya sama dengan kursus di bidang lainnya. Jika tidak dipraktikkan, maka teori akan cepat hilang. Demikian halnya jika mengambil kursus coding, namun tidak menerapkan teorinya di dalam praktik. Sebaiknya, tentukan hal apa yang ingin dibuat, lalu segera praktikkan.


Misalnya, jika ingin belajar coding untuk membuat sebuah permainan atau game online, maka bangunlah sebuah game sendiri menggunakan teori coding yang sudah dipelajari. Wujudkan motivasi belajar coding menjadi sebuah karya nyata, sehingga penerapan ilmunya bisa terus dikembangkan.


Beberapa cara bisa dilakukan agar les coding yang diambil bisa efektif. Meskipun sudah ada kursus yang gratis, namun bukan berarti teori yang didapat bisa segera dilupakan tanpa praktik dan hasil konkret. Tentu saja, karena mengikuti kursus gratis juga membutuhkan investasi waktu yang harus dibayar dengan karya.


0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua